03 Maret 2009

Hillary Berjanji Upayakan Pembentukan Negara Palestina



Rabu, 04/03/2009 09:35 WIB
Yerusalem - Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Hillary Clinton berjanji akan bekerja mengupayakan pembentukan negara Palestina.

Dalam kunjungan pertamanya sebagai Menlu ke Timur Tengah, Hillary mengumumkan dirinya mengirimkan dua perwakilannya ke Suriah, negara yang telah lama berseteru dengan Israel. Hubungan Suriah dengan AS juga dilanda ketegangan selama bertahun-tahun.

"Ada sejumlah isu antara Suriah dan AS serta keprihatinan regional yang jelas didatangkan oleh Suriah," kata Hillary usai pembicaraan dengan Menlu Israel Tzipi Livni seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (4/3/2009).

Hillary juga menekankan komitmen AS atas pembentukan negara Palestina yang hidup berdampingan dengan damai bersama Israel. Ini konsep lama yang menjadi jantung upaya untuk menghentikan konflik Timur Tengah yang telah berlangsung beberapa dekade.

"Itu penilaian kami... bahwa pada akhirnya, keharusan bekerja menuju solusi dua negara tak bisa terhindarkan," tutur Hillary.

Dalam kunjungannya ke Israel, Hillary juga mengadakan pertemuan dengan Benjamin Netanyahu yang terpilih menjadi Perdana Menteri baru Israel.
(ita/iy)Rita Uli Hutapea - detikNews
AFP

Tidak ada komentar: