02 April 2009

Sentimen Indonesia vs Malaysia Marak di Facebook

Kamis, 02/04/2009 14:56 WIB


Segelintir orang membuat kelompok 'Ganyang Malaysia' di Facebook. Pihak Malaysia pun membalas dengan 'Ganyang Indonesia'. Duh!

Malaysia dan Indonesia memiliki hubungan yang unik. Di satu sisi kedua negara ini adalah saudara serumpun. Di sisi lain, kerap ada sentimen Indonesia versus Malaysia yang dihembus-hembuskan.

Salah satunya adalah melalui fasilitas Groups di Facebook. Segelintir pengguna internet asal Malaysia dilaporkan telah membuat kelompok bernama 'Ganyang Indonesia!!!'.

Informasi yang diterima detikINET dari pembaca, Kamis (2/4/2009) menyebutkan adanya kelompok tersebut.

Saat dikunjungi detikINET, Kamis (2/4/2009) pukul 14:15 WIB, kelompok itu telah menjaring 274 anggota. Selain dari Malaysia, beberapa anggota nampaknya juga berasal dari Indonesia.

Dalam deskripsinya, grup 'Ganyang Indonesia' agaknya didirikan sebagai reaksi atas grup bernama 'Ganyang Malaysia'. Sang pembuat grup Ganyang Indonesia pun nampak penuh marah dan dendam dalam deskripsi tersebut.

Kata-kata kotor, caci maki dan umpatan menghiasi deskripsi tersebut. "Kalau nak lawan, 'no holds barred'. Lihat macam mana kawan kawan kita dari Ganyang Malaysia!!! maki hamun orang Malaysia. Tak pe rakan rakan, biar indon tunjuk dia ***, kerana dia memang ***! GANYANG INDONESIA!!!"

Dalam kedua grup itu, binatang babi jadi ikon. Di 'Ganyang Indonesia', Babi ditampilkan dalam bentuk kartun sedangkan di 'Ganyang Malaysia' berbentuk foto olah digital. Wicak Hidayat-detiknet

Tidak ada komentar: