16 Mei 2009

Ada Pemilu, Pebisnis Minggir Dulu

Sabtu, 16/05/2009 14:51 WIB


Jakarta - Masa kampanye politik saat ini berpengaruh terhadap dunia bisnis. Para pebisnis memilih berhati-hati untuk berekspansi di Indonesia di tengah hingar bingar pemilu.

Hal ini dikatakan oleh Menteri Keuangan sekaligus Menko Perekonomian Sri Mulyani ketika ditemui usai mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (16/5/2009).

"Pebisnis masih hati-hati saat ini, di samping faktor krisis ekonomi global yang terjadi di eksternal di internal dalam negeri sendiri ada situasi politik yang pasti ada pengaruhnya," tuturnya.

Karena itu untuk menjaga kepercayaan para pelaku ekonomi, Sri Mulyani mengatakan pemerintah terus menjaga agar proses politik yang sedang berjalan melalui pemilu di tahun ini tidak mengganggu segala rencana pemerintah yang sudah dibuat sebelumnya.

"Kita jaga agar target-target yang telah dibuat berjalan tanpa terganggu oleh proses politik yang terjadi," ujarnya.

Sebelumnya, BPS (Badan Pusat Statistik) mengatakan prospek bisnis di kuartal II-2009 berdasarkan Indeks Tendensi Bisnis (ITB) mmemperlihatkan secara umum kondisi bisnis pada kuartal II-2009 akan menurun.

Kepala BPS Rusman Heriawan mengatakan sebagian besar sektor ekonomi pada kuartal II-2009 diperkirakan mengalami penurunan kecuali sektor pertambangan dan penggalian; sektor listrik, gas dan air bersih; dan sektor jasa-jasa.

"Sektor yang diperkirakan mengalami penurunan bisnis terbesar adalah industri pengolahan," kata Rusman. Wahyu Danil, Detik Finance

Tidak ada komentar: