17 November 2008

Disomasi Bakrie, Tempo Merasa Tidak Ada yang Salah


Senin, 17/11/2008 19:30 WIB
Jakarta - Grup Bakrie menyomasi dan siap mengadukan Majalah Tempo ke polisi atas berita yang dinilai tidak benar. Tetapi Majalah Tempo merasa tidak ada yang salah dengan berita yang ditulisnya karena sudah mengkonfirmasi ke pihak yang bersangkutan.

Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Toriq Hadad menjelaskan, pihaknya baru saja menerima surat somasi dari Bakrie sekitar pukul 18.15 WIB. Dalam surat itu, Bakrie mengaku keberatan dengan berita di halaman 136 yang berjudul "Panas Digoyang Gempa Bumi".

Dalam berita tersebut, tertulis berdasarkan sumber Tempo, jasa Aburizal dalam menopang kebutuhan dana kampanye Yudhoyono-Jusuf Kalla cukup besar. Bahkan kabarnya Aburizal selalu memasok dana dua kali lipat dibanding Surya Paloh.

"Padahal itu sudah dikonfirmasikan dan kita cantumkan juga. Dia katakan Bakrie tidak menyumbang yang besar," katanya dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (17/11/2008) pukul 18.45 WIB.

Dalam berita tersebut memang sudah disebutkan bahwa Aburizal membantah informasi tersebut dan menyatakannya sebagai informasi yang salah.

Namun surat somasi sudah mendarat di meja Majalah Tempo. Menanggapi ini, Toriq mengaku pihaknya tidak ada persiapan khusus. Majalah Tempo akan mempelajari secara internal somasi tersebut dan akan menanggapinya sesuai aturan hukum juga.

Yang pasti, bagi Toriq, pihaknya sudah menulis berita yang dirasa perlu diketahui masyarakat sesuai dengan aturan jurnalistik.

"Saya tidak merasa melawan secara hukum, kita sudah sesuai azas jurnalistik yang benar dan berimbang, kalau Bakrie tidak puas, dia bisa pikir langkah secara hukum," ujarnya.

Jika dibaca saksama, artikel tersebut memang telah memenuhi kaidah jurnalistik. Artinya sudah seimbang dan dikonfirmasikan. Data-data yang tersedia juga pernah dimuat banyak media.Alih Istik Wahyuni - detikNews(lih/nrl

Tidak ada komentar: