26 November 2008

Serangan Teroris di Mumbai, Bursa Saham India Tutup Sementara


Kamis, 27/11/2008 11:32 WIB
Teroris Serang India, 80 Orang Tewas
Mumbai, - Perdagangan saham di Bursa Saham India atau Mumbai Stock Exchange ditutup sementara, menyusul serangan teroris di Mumbai, India yang menewaskan puluhan orang.

"Mempertimbangkan situasi yang tidak normal sebelumnya dan saran pemerintah agar orang tetap berada di dalam rumah, maka diputuskan untuk menutup perdagangan selama sehari," demikian juru bicara Mumbai Stock Exchange seperti dikutip dari AFP, Kamis (27/11/2008).

Pejabat bursa India tersebut belum bisa memastikan apakah perdagangan saham dan komoditas akan kembali dibuka pada Jumat, 28 November besok. Sejumlah perkantoran di kawasan komersial Mumbai kini masih tutup menyusul serangan teroris yang menghebohkan itu.

Kepolisian India menyatakan, setidaknya 80 orang tewas akibat serangan teroris di kota yang juga dikenal dengan Bombay itu. Sekitar 250 orang lainnya mengalami luka-luka dalam serangan berantai itu.

Sementara bursa-bursa regional tetap aman terkendali, bahkan mencatat penguatan setelah Wall Street sebelumnya menguat cukup signifikan. Hong Kong naik 4%, Tokyo naik 2,4%, Seoul naik 2,8% dan Sydney naik 3,2%, IHSG naik 0,97%.

Hanya Bursa Thailand yang melemah, seiring dengan kekisruhan politik. Indeks SETI di Bangkok turun 1,35% menjadi 389,87. Nurul Qomariyah - detikFinance

Tidak ada komentar: