05 November 2008

McCain Ucapkan Selamat kepada Obama


Rabu, 05/11/2008 11:43 WIB
Phoenix - Bertempat di Phoenix, Arizona, senator John McCain akhirnya mengakui kekalahannya atas kandidat presiden AS dari Partai Demokrat, Barack Obama. Di depan ribuan pendukungnya, McCain yang didampingi Cindy, istrinya, serta Sarah Palin, kandidat wakil presiden Republik beserta suaminya mengatakan bahwa ia siap mendukung Obama.

"Saya baru saja menelepon senator Barack Obama dan mengucapkan selamat...", ujar McCain yang sebelum menyelesaikan kalimatnya, ribuan pendukung McCain yang hadir mencemooh kemenangan Obama. McCain yang tampil tenang kemudian menjelaskan kepada para pendukungnya bahwa ia menerima kekalahan tersebut.

"Saya tahu bahwa kemenangannya merupakan kebanggaan bagi kaum Afrika-Amerika. Tapi kemenangannya juga merupakan pilihan rakyat AS. Di negara kita, kesempatan itu terbuka bagi semua orang, tak terkecuali senator Obama yang memiliki ide dan kemampuan," ujar McCain yang mencoba menenangkan pendukungnya yang kebanyakan berkulit putih.

McCain yang sesekali berdiam sejenak kemudian mengingatkan agar bangsa AS tidak mundur ke perilaku rasis yang telah ada selama berabad-abad. "Kita semua orang Amerika. Buat saya, itu ikatan paling penting," jelas McCain mengenai pendiriannya atas Barack Obama yang terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama di AS.

Kontan ucapan McCain tersebut disambut tepuk tangan meriah oleh para pendukungnya. "Tuhan memberkati Anda dan Tuhan memberkati Amerika," tutup McCain sambil berkaca-kaca.(alf/asy)Alfian Banjaransari - detikNews

Tidak ada komentar: