09 Oktober 2008

6 BUMN Siap Buy Back Saham

Kamis, 09/10/2008 19:16 WIB
Jakarta - Sebanyak enam emiten BUMN siap melakukan buy back sahamnya. BUMN itu adalah Antam, PTBA, Semen gresik, Telkom, Jasa Marga, PGN. Sementara BUMN perbankan tidak akan melakukan pembelian kembali sahamnya.

Demikian disampaikan Menneg BUMN Sofyan Djalil usai rapat di Gedung Departemen Keuangan, Jl Wahidin Raya, Jakarta, Kamis (9/10/2008).

"BUMN-BUMN yang dinyatakan siap adalah Antam, PTBA, Semen Gresik, Telkom, Jasa Marga, dan PGN," katanya.

Seperti diketahui, pemerintah meminta BUMN-BUMN yang terdaftar di bursa untuk membeli kembali sahamnya (buy back). Bahkan Bapepam LK telah melonggarkan aturan buy back dengan meningkatkan porsi buy back menjadi 20% dan tidak diperlukan persetujuan RUPS.

Meski begitu Sofyan menegaskan, keputusan buy back bukanlah kewajiban tetapi disesuaikan dengan konduisi likuiditas dan cash flow masing-masing perusahaan.

"Buy back ini juga bukan kewajiban, semua tergantung likuditas dan cash flow masing-masing BUMN," katanya.

Bank BUMN Tidak Buy Back

Sofyan juga menjelaskan perbankan BUMN tidak akan melakukan buy back sahamnya. Hal ini karena perbankan membutuhkan modal untuk perkembangan bisnisnya.

"Tetapi perbankan BUMN tidak akan buy back karena butuh capital untuk perkembangannya. Sebenarnya pada prinsipnya perbankan bisa, tapi tidak akan buy back," pungkasnya.(lih/ir)Angga Aliya ZRF - detikFinance

Tidak ada komentar: