26 Oktober 2008

Rumah Obama di Menteng Ternyata akan Dijual!

Senin, 27/10/2008 10:38 WIB
Jejak Obama: Kamar Tidur yang Tak Berubah
Jakarta - Rumah bekas Barack Obama yang berada di Jl Ramli Menteng Dalam Jakarta Selatan makin tampak sepi saja. Sang penghuni hanya kadang-kadang saja menempatinya. Rumah yang sempat ditinggali Barack Obama pada 1970-an itu dikabarkan akan dijadikan museum. Namun, ternyata rumah itu akan dijual!

Pesona rumah tua yang berada di gang sempit itu menjadi buah bibir saat Barack Obama menyatakan diri menjadi calon presiden AS dari Partai Demokrat awal tahun lalu. Semua media massa, termasuk media-media raksasa seantero dunia melihat rumah sederhana itu dari dekat. Rumah itu bak menjadi magnet yang luar biasa!

Awalnya, tak ada yang melongok rumah itu sampai akhirnya detikcom memberitakannya pada 2007 lalu. Sejak rumah itu diberitakan, penghuni rumah mengaku sering didatangi wartawan, termasuk wartawan dari media asing. Saking banyaknya wartawan yang datang, penghuni rumah tidak mengizinkan semuanya bisa memasukinya. Hanya wartawan tertentu yang beruntung.

Catatan detikcom, penghuni rumah saat ini, mengaku tak akan menjual rumah tersebut kepada orang lain. Mereka sangat senang bahwa ternyata rumah tersebut adalah bekas rumah Obama. Selain itu, mereka juga merasa nyaman tinggal di rumah itu, meski rumah itu berada di gang sempit.

Sumber detikcom, Senin (27/10/2008) membenarkan bahwa rumah tersebut saat ini sedang dalam status 'dijual'. Saat ini, sang penghuni rumah, Zulfian, sudah pindah dari rumah itu dan lebih memilih tinggal di rumah lain miliknya di kawasan Tebet. Sementara ibu kandungnya, Ny Nurpatmi, yang sempat ikut dan tinggal lama di rumah itu memilih kembali ke Aceh. "Rumah itu hanya ditinggali adik Ivan. Tapi dia jarang di sini, karena sering pergi ke Malaysia," kata sumber itu.

Rumah berlantai dua itu dihuni Obama bersama ibundanya Ann Dunham dan ayah tirinya Lolo Soetoro, serta adiknya Maya Soetoro pada awal 1970-an. Di kawasan Menteng Dalam Jakarta Selatan ini, Barack Obama yang pada masa kecilnya dipanggil Barry menghabiskan masa kanak-kanaknya bersama anak-anak Betawi saat itu.(asy/nrl)Arifin Asydhad - detikNews

Tidak ada komentar: