13 Oktober 2008

Kabar Matahari Bersinar 36 Jam pada 17 Oktober Hoax


Selasa, 14/10/2008 10:03 WIB
Jakarta - Pada tanggal 17 Oktober 2008, matahari akan terus menyinari kita selama 36 jam (1.5 hari). Dan selama itu Amerika dan tetangga2nya akan gelap 1.5 hari.Ini akan mengkonversi 3 hari menjadi 2 hari besar.Ini terjadi setiap 2400 tahun sekali.Kita beruntung dapat menyaksikan dan merasakannya,beri tahu teman2 yah..

Jangan percaya! Kabar mengagetkan di atas hanyalah kabar bohong.

Pesan menyesatkan tersebut menyebar sejak Senin kemarin melalui pesan singkat dari telepon selular sampai media chatting di internet. Alangkah fenomenalnya jika peristiwa itu benar-benar terjadi.

"Saya juga dapat SMS dari teman saya itu kemarin. Nggak ada itu, itu hoax, sering terjadi," ujar Ketua Jogja Astro Club Mutoha ketika dikonfirmasi detikcom, Selasa (14/10/2008).

Menurutnya, tidak masuk akal kalau daerah tropis mengalami hal semacam itu. Kalau daerah kutub, baik Kutub Selatan maupun Kutub Utara, fenomena seperti itu biasa terjadi.

"Kalau di belahan selatan dan belahan utara, kegelapan tidak hanya 36 jam bahkan beberapa bulan. Artinya, peristiwa setiap tahun berulang. Kutub Selatan tidak mengalami penyinaran Matahari selama 4 sampai 5 bulan, termasuk bulan ini," papar dia.

Karena tinggal di daerah tropis yang dekat dengan garis ekuator, lanjut dia, maka panjang siangnya sama dengan panjang malamnya.

"Bumi berotasi 24 jam, jadi logikanya kalau 36 jam itu sudah kiamat," tegasnya.(nwk/nrl)Nograhany Widhi K - detikNews
Matahari & bumi (Foto: NASA)

Tidak ada komentar: