17 September 2008

Ipar Thaksin jadi PM Thailand Baru


Dokumen CNN
Rabu, 17 September 2008 | 11:30 WIB

BANGKOK, RABU - Ipar perdana menteri terguling Thaksin Shinawatra terpilih sebagai PM baru Thailand menggantikan Samak Sundaravej yang dicopot karena mengasuh acara masak di televisi. Somchai Wongsawat, 61, terpilih dalam pemilihan oleh anggota parlemen, Rabu (17/9). Perkembangan baru ini dikhawatirkan akan terus memanaskan situasi politik di negara itu.

Somchai menang dengan perolehan suara 298 berbanding 163, sementara lima anggota parlemen lain menyatakan abstein. "Saya sampaikan terima kasih atas kepercayaan Anda. Saya akan melaksanakan tugas dengan sekuat tenaga," kata Somchai yang berdiri dari tempat duduknya di Gedung Parlemen setelah suara terakhir dibacakan. Dia kemudian berjalan menuju pemimpin oposisi Abhisit Vejjajiva dan menjabat tangannya.

Partai Kekuatan Rakyat (PPP) yang mencalonkan Somchai dan koalisinya menguasai 306 dari 480 kursi di parlemen. Terpilihnya Somchai tidak serta merta mengakhiri krisis politik di Thailand. Karena, para penentangnya menuduh Somchai tidak akan lepas dari pengaruh Thaksin yang dikudeta militer 2006 lalu. Somchai juga diragukan bisa mengakhiri aksi demonstran besar-besaran yang mengepung Wisma Negara sejak 26 Agustus 2008.

Pemerintah mengerahkan 2.200 tentara dan polisi ke kompleks gedung parlemen untuk mengamankan situasi.

ONO
Sumber : AP

Tidak ada komentar: