16 September 2008

Punya 86 Istri, Pria Nigeria Ditangkap


Rabu, 17/09/2008 09:59 WIB

Abuja - Seorang mantan guru dan pendakwah di Nigeria utara mengklaim memiliki 86 istri dan 170 anak. Buntutnya, pria berusia 84 tahun itu ditangkap dan didakwa melanggar hukum pernikahan Islam.

Otoritas setempat menahan Mohammed Bello Abubakar setelah mendapat perintah dari pengadilan Islam negara bagian Niger.

Demikian disampaikan juru bicara kepolisian Richard Oguche seperti dilansir harian Sydney Morning Herald, Rabu (17/9/2008).

"Dia didakwa melanggar hukum Islam," kata Oguche.

Abubakar mengklaim Tuhan jua yang membuat dirinya mampu memiliki keluarga begitu besar. "Seorang pria dengan 10 istri bisa ambruk dan mati. Tapi kekuatan saya diberikan Allah. Karena itulah saya bisa mengendalikan 86 istri tersebut," kata Abubakar seperti dikutip media lokal.
Beberapa waktu lalu, Abubakar telah diperintahkan oleh otoritas setempat untuk menceraikan 82 istrinya. Dia hanya dibolehkan memiliki empat istri saja. Namun Abubakar menantang ulama-ulama Islam, seraya berargumen bahwa tidak ada hukuman di Quran bagi pria yang beristri lebih dari empat orang.

"Saya tidak melanggar hukum apa pun yang dapat menyebabkan saya diusir. Tidak ada satu pun hukum yang menyebutkan bahwa seseorang tidak boleh beristri lebih dari empat,' cetus Abubakar saat itu.
Sekitar separuh dari total penduduk Nigeria yang berjumlah 140 juta adalah muslim. Niger merupakan satu dari 12 negara bagian mayoritas muslim yang mengadopsi syariah Islam. Sebanyak 24 negara bagian lainnya di Nigeria tidak menerapkan syariah Islam.

(ita/iy) Rita Uli Hutapea - detikNews

Tidak ada komentar: