29 September 2008

Kongres AS Sepakati Bailout US$ 700 Miliar


Minggu, 28/09/2008 14:24 WIB
Washington - Kongres AS akhirnya menyepakati rencana penyelamatan raksasa sistem keuangan AS senilai US$ 700 miliar minggu ini.

Kesepakatan itu merupakan hasil pertemuan para pimpinan Kongres AS yang diadakan Minggu pagi waktu Washington.

"Kami sudah bekerja keras, dan kami mencapai kesepakatan yang akan segera berlaku efektif di pasar dan efektif bagi seluruh rakyat Amerika," ujar Menkeu AS Henry Paulson seperti dikutip AFP, Minggu (28/9/2008).

Namun isi kesepakatan itu belum jelas betul. Rencananya isi detil kesepakatan akan segera diumumkan pada Minggu malam nanti. Rencananya uang senilai US$ 700 miliar itu akan digunakan untuk membeli utang-utang milik perusahaan investasi dan bank yang hancur akibat krisis kredit yang mengancam sistem keuangan global.

"Kami mencapai kemajuan yang berarti. Kita harus memberikan komitmen rancangan Undang-undang, sehingga kita bisa segera menyetujui secara formal," ujar juru bicara House of Representatives Nancy Pelosi.
Menkeu AS sebelumnya gencar melobi para pembuat undang-undang AS agar segera memuluskan paket bailout terbesar dalam sejarah AS ini.
Kongres AS berlomba untuk mencapai kesepakatan sebelum pasar Asia kembali buka pada Senin pagi untuk menghindari jatuhnya harga saham seperti yang terjadi pada pekan lalu.
(ddn/ddn)
Dadan Kuswaraharja - detikFinance
Foto: Reuters

Tidak ada komentar: