14 September 2008

Pengamat: Apa Sih Hebatnya Sutanto?


Sabtu, 13/09/2008 17:06 WIB

Jakarta - Kapolri Sutanto sebentar lagi memasuki masa pensiun pada 30 September mendatang. Beberapa parpol dikabarkan banyak yang mengincar dirinya untuk menjadi pendamping dalam Pilpres 2009. Tapi apa iya Sutanto punya kekuatan?

"Apa sih kekuatan Sutanto? Dia kan cuma populer sebagai Kapolri," kata pengamat politik dari UI Prof Dr Maswadi Rauf kepada detikcom, Sabtu (13/9/2008).

Menurut Maswadi, kiprah Sutanto di kepolisian dapat diacungi jempol. Namun kiprah di politik Sutanto nihil. "Keberhasilan dia di Polri tidak bisa dijadikan modal. Dia belum punya pengalaman di politik, belum tentu juga dia suka pada politik," jelas Maswadi.

Oleh karena itu, jika Sutanto dipasangkan dengan calon dari parpol besar seperti PDIP dan Golkar, tidak akan berpengaruh mendulang suara banyak. "Tidak akan berpengaruh. Contohnya Mega, dia akan mencari calon dari parpol lain. Mungkin Sultan HB X. Dia raja Jawa tapi didukung orang luar Jawa," beber dosen FISIP UI ini.

Maswadi menuturkan, kalau Sutanto ingin tenang menjalani pensiun, lebih baik jangan masuk ke politik. Sutanto cukup membuka usaha. "Daripada bersaing dengan mantan atasannya kan berat," pungkasnya.
(nik/gah) Niken Widya Yunita - detikNews

Tidak ada komentar: