28 September 2008

JK: Yang Masih Coblos Hanya RI dan Kamerun


Jumat, 26/09/2008 15:08 WIB
Jakarta - "Di dunia ini yang mencoblos hanya tersisa 2 negara yakni Indonesia dan Kamerun. Kamerun adalah negara termiskin dan buta huruf meskipun bolanya hebat," ucap Wapres Jusuf Kala menanggapi contreng dan coblos surat suara pemilu.

Hal ini disampaikan JK dalam jumpa pers di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (26/9/2008).

Dikatakan dia, mencoblos surat suara sudah diterapkan sejak pemilu tahun 1955. "Dan waktu itu buta huruf di negeri ini masih 50 persen dan sekarang tinggal 7 persen. Mayoritas penduduk sudah tidak ada yang buta angka," ujarnya.
JK mengatakan dengan adanya surat suara yang ada gambar dan nama calon mengharuskan kepada pemilih untuk membaca dan akhirnya menentukan hak pilihnya.

"Kalau dulu kan cuma angka," kata JK.

Lebih lanjut, JK menilai cara mencoblos akan lebih mudah dimanipulasi sehingga surat suara bisa batal. "Misalkan, kalau KPU iseng dan mereka cenderung mendukung Golkar, dia mainkan kukunya maka robeklah kartu itu dan tidak sah. Tetapi kalau contreng tidak bisa seperti itu," papar dia.(aan/iy)Anwar Khumaini - detikNews

Tidak ada komentar: