17 September 2008

Lukisan Chavez Laku Rp 24 M


Kamis, 18/09/2008 06:11 WIB

Foto: AFP Jakarta - Menjadi pemimpin terkenal, apalagi kontroversial, pastinya membuat seseorang menjadi pusat perhatian. Demikian pula dengan Presiden Venezuela, Hugo Chavez. Lukisan karya Chavez ternyata laku dilelang dengan harga US$ 255.000 atau kira-kira Rp 2,4 miliar. Lukisan berjudul 'Bulan Yare' itu dibuat Chavez ketika mendekam di penjara pada tahun 1992.

"Lukisan itu sendiri dilelang dalam rangka penggalangan dana bagi kampanye partai Chavez," jelas salah seorang ofisial Partai Sosialis kepada AFP, Kamis (18/9/2008).
"Bulan Yare dibeli oleh sekelompok pengusaha sektor konstruksi," jelasnya. Penawaran terhadap lukisan itu semula dibuka pada angka US$ 14.000 sebelum sesi lelang dibuka.

Pada Februari 1992, Chavez melancarkan kudeta militer yang gagal menggulingkan Presiden Carlos Andes Perez. Chavez kemudian dijebloskan ke dalam penjara.
Lukisan tersebut menggambarkan pemandangan malam hari dengan sebuah bulan
besar menggantung di langit sebagaimana yang terlihat dibalik terali besi.

Pejabat Partai Sosialis tersebut menambahkan, uang yang dihasilkan dari penjualan lukisan tersebut akan digunakan untuk mendukung kampanye partai dalam pemilu regional dan kota 23 November mendatang.(alf/anw) lfian Banjaransari - detikNews

Tidak ada komentar: