22 September 2008

Sate Maranggi, Makanan Berbumbu Khas Purwakarta



Liputan6.com, Purwakarta: Sate Maranggi. Makanan khas Purwakarta, Jawa Barat, ini selain lezat karena dagingnya tebal serta empuk, juga dikenal dengan bumbunya yang beraroma menggoda. Untuk pencinta sate maranggi, bisa mendapatkan makanan ini di sepanjang Jalan Raya Purwakarta menuju Bandung, tepatnya di daerah Plered. Warung-warung yang menawarkan sate maranggi berdiri berjejer di daerah tersebut.

Sate maranggi menggunakan daging sapi atau kambing. Namun, yang membuatnya berbeda dengan sate lain adalah bumbunya. Yakni berupa campuran garam dan gula merah. Setelah dicampur bumbu, sate baru dibakar. Biasanya, sate disantap dengan kacang atau kecap yang dicampur irisan bawang dan cabe. Meski kesannya sederhana, rasanya tidak terlupakan.

Seporsi sate maranggi yang terdiri dari 10 tusuk dijual seharga Rp 8.000. Jadi jika bosan dengan menu makanan biasa, sate maranggi bisa menjadi tantangan baru bagi lidah Anda.(YNI/Syamsu Nursyam)
Resep Sate Maranggi


By Leo Lintang, on 25-07-2008 15:38, 15:38

Views : 350

sate.jpg Bahan :
1 kg daging sapi
tusuk sate
kecap

Haluskan :
5 buah bawang merah
5 buah bawang putih
1 sdm ketumbar
garam
setengah sdm gula merah

Cara Membuat :
potong daging bentuk dadu-dadu
masukkan bumbu halus aduk-aduk , terus tusuk-tusuk, ditutup pake daun pepaya (kalo ada ) simpen selama 2 jam.
bakar.
hidangkan dengan sambel kecap yang udah ditambah tomat, dan sambel cabe hijau yang dan dicampur bawang merah, tambah acar mentimun.

Tidak ada komentar: