18 September 2008

Kim Ok, Wanita Paling Dipercaya Kim Jong-il


Jumat, 19/09/2008 09:55 WIB
News.com.au
Pyongyang - Siapa yang mengurus pemimpin Korut Kim Jong-il selama dirinya sakit? Dia adalah seorang wanita bernama Kim Ok. Bahkan kabarnya dia pula yang menandatangani dokumen-dokumen atas nama Kim Jong-il.

Kim Ok adalah pasangan Kim Jong-il. Meski keduanya tidak menikah namun oleh sebagian orang, Kim Ok yang mantan sekretaris itu dianggap sebagai ibu negara Korut.

Kim Ok kini muncul sebagai tokoh kunci di Korut sejak Kim Jong-il menderita stroke belum lama ini. Pejabat-pejabat Korsel dengan seksama mengamati Kim Ok. Sebab menurut laporan intelijen, wanita itu bukan hanya merawat Kim Jong-il namun juga meneken dokumen-dokumen atas nama Kim Kong-il.

"Dia orang yang paling dekat secara personal dengan Kim Jong-il," kata Marcus Noland, pakar Korut di lembaga Peterson Institute for International Economics di Washington, AS.

"Dia orang yang menjaga kamar tidur atau pintu rumah sakit. Dia orang yang ditunjuk untuk menyampaikan pesan-pesannya (Kim Jong-il)," imbuhnya seperti dilansir News.com.au, Jumat (19/9/2008).

Kim Jong-il diberitakan menderita stroke bulan lalu dan saat ini sedang dalam proses penyembuhan setelah menjalani operasi otak.

Kim Jong-il memiliki tiga putra: Jong Nam, Jong Chul dan Jong Un. Namun tampaknya pria berusia 66 tahun itu belum menunjuk salah seorang putranya sebagai penerusnya.

Menurut para analis, semakin lama Kim Jong-il sakit, semakin besar pula kemungkinan terjadinya kevakuman kekuasaan. Dan Kim Ok kemungkinan akan mengisi kekosongan itu.

Menurut para pengamat, ketergantungan Kim Jong-il pada Kim Ok selama sakitnya bisa meningkatkan pengaruh politik wanita itu. "Jika Kim Jong-il tak bisa berkomunikasi dengan yang lain, peran dia (Kim Ok) akan lebih besar," ujar Kang Jung-mo, pakar Korut di Kyung Hee University.

Tak banyak yang diketahui mengenai sosok wanita itu. Kim Jong-il diyakini telah memiliki 3 istri sebelum mengambil Kim Ok sebagai pasangannya beberapa tahun lalu. Kim Ok kabarnya menemani Kim Jong-il dalam kunjungan rahasianya ke China tahun 2006.

Kim Ok kabarnya adalah seorang pianis berusia 40-an tahun. Dia telah menjadi sekretaris Kim Jong-il sejak tahun 1980-an. Mendiang istri Kim Jong-il, Ko Yong-hi, ibu dari dua putranya yang lebih muda, memilih Kim Ok untuk menggantikan dirinya saat sedang sekarat akibat kanker.(ita/iy) Rita Uli Hutapea - detikNews

Tidak ada komentar: